Saya menerima tulisan, artikel, ataupun berita perjalanan/ kejadian untuk dipublikasikan di blog ini. Terutama kritik dan saran-saran yang sehat dan dari pemikiran positif, untuk dapat lebih mengembangkan dan memperbaiki blog ini.

Monday, April 26

Pesta Tahun Penatalayanan HKBP Distrik XIII Asahan Labuhanbatu

Dalam rangka menyambut jubileum HKBP yang ke-150 pada 2011 mendatang, HKBP membenahi pelayanannya dengan mengembangkan penataan organisasi, administrasi, personalia, keuangan dan inventaris. Tahun ini disebut sebagai “Tahun Penatalayanan HKBP” yang mengambil Tema: “Menuju Gereja yang Rapi Tersusun” (Ef. 4 : 16). Dan Sub Tema: “HKBP menyambut jubileun 150 tahun dengan menata diri menjadi gereja yang  sungguh-sungguh bersih, teratur, transparan, partisipatif dan akuntabel”. Hal ini dilaksanakan untuk mewujudkan visi HKBP: “HKBP berkembang menjadi gereja yang inklusif, dialogis dan terbuka serta mampu dan bertenaga mengembangkan kehidupan yang bermutu di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus, bersama-sama dengan semua orang di dalam masyarakat global, terutama masyarakat Kristen demi kemuliaan Allah Bapa  yang mahakuasa, serta misinya “HKBP berusaha meningkatkan mutu segenap warga masyarakat, terutama warga HKBP melalui pelayanan-pelayanan gereja yang bermutu agar mampu melaksanakan amanat Tuhan Yesus dalam segenap perilaku kehidupan pribadi, kehidupan keluarga maupun kehidupan bersama segenap masyarakat manusia di tingkat lokal dan nasional, di tingkat regional dan global dalam menghadapi tantangan abad-21”. Dalam rangka pelaksanaan Tahun Penatalayana HKBP 2010 ini, maka setiap warga dan pelayan gereja HKBP baik di tingkat jemaat, resort, distrik dan pusat, diharapkan berpartisipasi seluas-luasnya dengan membentuk kepanitiaan di masing-masing aras untuk melaksanakan setiap program dan kegiatan yang telah diprogramkan dengan membuka peluang untuk masing-masing jemaat, resort dan distrik dalam memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dalam hal ini, secara khusus HKBP Distrik XIII Asahan Labuhanbatu mengadakan Pesta Tahun Penatalayanan yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2010 bertempat di HKBP Kisaran Kota Resort Kisaran. Adapun sasaran dari kegiatan ini ialah untuk menyediakan 21 unit komputer dan printer yang akan dibagikan ke setiap resort. Sehingga beberapa saat yang akan datang  diharapkan semua resort yang ada di distrik XIII akan “on line”. Pada pesta tersebut, setelah selesai acara kebaktian yang dipimpin oleh bapak Sekjen HKBP Pdt. Ramlan Hutahaean, Mth dilanjutkan dengan pemberian Bingkisan Diakonia kepada 5 (lima) orang anak Yatim Piatu dari setiap resort. Dengan demikian kita dapat mengetahui bahwa HKBP Distrik XIII Aslab juga sudah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan. Selain itu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain:
      I.        Lomba Penatalayanan Huria Sabungan Resort, a.l:
            1.       Kelengkapan Administrasi:
a.       Buku daftar Anggota Jemaat (Tauf Registrasi)
b.      Buku daftar Anggota yang lahir
c.       Buku daftar Anggota yang dibaptis
d.      Buku daftar Anggota yang naik sidi
e.      Buku daftar Anggota yang melaksanakan akat nikah (Martumpol)
f.        Buku daftar Anggota yang menerima pemberkatan nikah
g.       Buku daftar Anggota yang baru masuk
h.      Buku daftar Anggota yang pindah
i.         Buku daftar Anggota yang menjalani siasat gereja dan penerimaan kembali
j.        Buku daftar Anggota yang meninggal
k.       Buku Warta Jemaat (Informasi, Kegiatan dan Keuangan)
l.         Buku daftar Infentaris
m.    File Surat (Surat Berharga, Surat Masuk dan Surat Keluar)
n.      Buku Khas
2.       Pengorganisasian Pelayan sesuai Aturan Peraturan seperti:
a.       Dewan Koinonia
b.      Dewan Marturia
c.       Dewan Diakonia
3.       Kebersihan Pargodungan (Jamban, Bunga, Pohon, Pekarangan, dll)
4.       Penataan Ruangan
        II.     Festival Gemende Koor (Bapak-Ibu)
       III.    Festival Vocal Group Pemuda/i
       IV.    Cerdas Cermat Alkitab Sekolah Minggu
Dari Perayaan Tahun Penatalayanan tersebut diharapkan semua warga jemaat dan pelayan saling mendukung dalam rangka mewujudkan gereja HKBP yang rapi tersusun, kokoh, dan kuat serta mampu melaksanakan tritugas panggilan gereja yaitu bersaksi, bersekutu dan melayani.

No comments:

Post a Comment

a