Saya menerima tulisan, artikel, ataupun berita perjalanan/ kejadian untuk dipublikasikan di blog ini. Terutama kritik dan saran-saran yang sehat dan dari pemikiran positif, untuk dapat lebih mengembangkan dan memperbaiki blog ini.

Saturday, April 3

Perayaan Paskah HKBP Ressort Kualuh Selatan

Paskah merupakan salah satu perayaan agama yang begitu penting bagi umat Kristen. Karena dengan memperingati paskah, orang Kristen diingatkan akan kasih dan pengorbanan Yesus Kristus yang rela mati di kayu salib untuk menebus manusia dari dosa dan kematian. Pada tahun 2010 ini, perayaan paskah di HKBP Ressort Kualuh Selatan begitu menggugah dan benar-benar mengingatkan jemaatnya akan penderitaan yang dijalani Yesus di kayu salib. Perayaan paskah tahun ini dikhususkan kepada kaum pemuda/i (naposobulung) sebagai pemeran utamanya. Sebelum sampai kepada adegan penyaliban Yesus, para naposo terlebih dahulu melakukan pawai obor/ jalan salib yang dimulai dari satu titik keberangkatan yaitu HKBP Sinar Pagi samapi ke HKBP Sinar Toba dengan menempuh jarak sekitar 2 Km yang diikuti sekitar 250 orang. Hal ini mengingatkan kita akan perjalanan yang dilalui Yesus memikul salib ke Golgata.
Meskipun sebenarnya naposobulung sebagai pemeran utamanya, tetapi tidak kalah juga semangat dari anggota-anggota jemaat lainnya mulai dari anak-anak sampai ke orang tua yang memberikan perhatian penuh dengan mengikuti perjalanan salib tersebut. Sesampainya di tempat tujuan, pemuda/i mengadakan drama singkat penyaliban Yesus yang dilanjutkan dengan saat teduh mulai dari jam 21.00 WIB s/d 01.00 WIB dengan acara tersendiri. Hal ini sungguh menarik perhatian kita, karena dengan adanya saat teduh tersebut, sebagian besar pemuda/i maupun anggota jemaat yang hadir dengan sadar dan penuh kerendahan hati mengakui segala dosa-dosanya, dan saling memaafkan satu sama lain dengan cara saling membasuh kaki saudaranya seperti yang dilakukan Yesus kepada murid-muridnya. Sesudah saat teduh, para pemuda/i pun menyalakan api unggun dan bersama-sama bergandengan tangan sebagai tanda sudah saling memaafkan dan untuk membina persaudaraan yang erat satu sama lain. Satu hal yang kita harapkan dari perayaan ini ialah semoga pemuda/i yang menyaksikanan dan mengikuti perayaan ini khususnya yang berada di HKBP Ressort Kualuh Selatan, dapat merasakan betapa besar kasih dan pengorbanan Yesus Kristus dalam hidup setiap orang yang ada di dunia ini, sehingga terdorong untuk melakukan yang terbaik di dalam kehidupannya terutama di hadapan Tuhan.

No comments:

Post a Comment

a